Rabu, 19 November 2014

Mengatasi Kebiasaan Memasukan Benda ke dalam Mulut

Tulisan ini merupakan pindahan dari blog saya yang satunya lagi, yang saya hapus supaya bisa fokua di blog ini :)
Ditulis di tahuh 2012 berdasarkan pengalaman pribadi dengan anak pertama..
-----------------------------------------

Hi Bunda...
Punya pengalaman si kecil suka mengambil apa pun yang ada di lantai dan lantas memasukannya ke dalam mulut?
Kalau Iya,berarti sama donk dengan pengalaman saya...

Menanggapi hal tersebut, sikap Bunda gimana?
Apa melarangnya?
Memarahinya?
atau langsung mengambil barang tersebut?

Mau bagi pengalaman aja sedikit mengenai si kecil yang suka memasukan semua benda yang dia ambil dari lantai ke dalam mulut.Dulu waktu si kecil baru bisa merangkak, dia suka banget tuh mengeksplor semua bagian di rumah.
Sampai setiap menemukan benda di lantai dia ambil dan dimasukannya deh ke dalam mulut. Padahal uda makan. Kan kata orang si kecil bisa begitu, ada kemungkinan karena laper..
Lha orang baru makan, tetep aja pas dia nemu ada benda, langsung deh dimasukin ke mulut ^_^ 

Trus apa yang saya lakukan?
Setiap dia ambil benda dari lantai, langsung deh ditanya, " Eh, ambil apa itu? Sini kasih mommy" dan kalau dia uda kasih langsung dijawab, "Terima Kasih".
Hal ini saya lakuan terus menerus setiap saya lihat dia mengambil benda dari lantai.

Suatu kali, tiba2 dia menghampiri saya sambil menggumamkan sesuatu (maklum belum bisa ngomong) dan memperlihatkan tangannya ke arah saya.
Ternyata dia mau kasih tau kalau dia menemukan benda di lantai dan mau memberikannya ke saya.
Duh senang banget deh..
Ternyata apa yang saya lakukan selama itu terekam sama dia dan tanpa diminta pun dia otomatis memberikan benda yang dia temukan di lantai ke saya.

Sejak itu si kecil ga pernah lagi memasukan benda-benda yang dia temukan ke mulut.
Bunda mau coba mempraktekannya?
Silakan...
Mudah-mudahan berhasil juga untuk menghilangkan kebiasan si kecil ini...

Salam Hangat...

Tidak ada komentar: